Pages

Jumat, 10 Desember 2010

Budi Daya Jamur Tiram Putih



Sebagai salah upaya untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan, maka pada salah satu jenis pengembangan diri di SMPN 1 Silo – Jember adalah Budi daya Jamur Tiram, dengan harapan siswa memliki gairah untuk berwiraswasta.





 










Terdapat ribuan spesies Jamur di dunia ini. Ada Jamur yang merugikan dan menguntungkan bagi manusia. Jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah Jamur yang mempunyai berbagai manfaat sebagai berikut:
•Konsumsi.Contohnya: Jamur Tiram, Jamur Kuping, Jamur Merang, Jamur Shiitake dan Jamur Champignon
•Membantu Peragian. Contohnya: Jamur untuk tempe, oncom dan tape.
•Pengobatan. Contohnya: Jamur Tiram Putih berguna sebagai pencegah hipertensi, mencegah kanker dan mengandung lovastatin (penurun kolesterol). Para ahli di luar negeri telah berhasil mengekstrak Jamur Tiram Putih untuk mengambil senyawa aktif lovastatin.

Produk Olahan Jamur Tiram Putih
Sebagai bahan konsumsi.
Jamur Tiram Putih dapat diolah sebagai Sup Jamur, Soto Jamur, Pepes Jamur, Oseng-oseng Jamur, Jamur Crispy, Kripik Jamur, Mie Jamur dan Sate Jamur.
Sup Krim Jamur

Bahkan saat ini sudah tersedia mesin pembuat kripik secara modern, yaitu Vacuum Frying. Vacuum Frying ini mampu mengolah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan menjadi kripik dengan kadar kekeringan yang bisa kita atur. Tersedia kapasitas mulai 1,5 kilo sampai 40 kilo.
Sate Jamur mungkin anda belum pernah merasakannya. Saat ini belum banyak yang membuat sate jenis ini. Sejumlah murid Sekolah Pertanian berinisiatif mencoba membuat Sate Jamur. Di bawah ini videonya:

Sebagai Ground Powder.
Ground Powder adalah hasil dari pengeringan kemudian digiling menjadi halus. Ground Powder ini bisa sebagai campuran bahan makanan atau minuman lain. Contohnya sebagai campuran Nugget atau minuman teh.

Sebagai Powder Extract.
Powder Extract adalah hasil dari proses perendaman , penyaringan, pemekatan dengan evaporator dan terakhir disemprot dengan uap panas dengan menggunakan mesin Spray Dryer. Di Cina hasil extract Jamur Tiram Putih banyak diperdagangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda