Pages

Jumat, 25 September 2009

Gaya Belajar

gaya belajar yang melibatkan seluruh indera

Gaya Belajar Kinestetik
Apakah anda senang belajar sambil bermain? Atau menghafal suatu “definisi” sambil berjalan atau bahkan meloncat? Kalau tidak, mungkin teman anda?
Kalau Anda menikmati kebiasaan seperti itu, jangan berkecil hati jika ada keluarga anda atau guru Anda menegur atau mencap anda sebagai kurang disiplin dan kurang tertib. Anda adalah orang yang memiliki kecenderungan gaya kinestetik dalam menyerap informasi
Orang Kinestetik memiliki suatu kecenderungan memproses informasi melalui tangan dan kaki atau indra peraba. Mereka belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh. Mungkin mereka suka acting? Kurang tau ada hubungannya atau tidak.
Beberapa ciri dari orang Kinestetik adalah sebagai berikut:
 Berbicara dengan perlahan
 Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
 Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
 Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
 Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
 Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca
 Banyak menggunakan isyarat tubuh
 Tidak dapat duduk diam untuk waktu lama
Apakah anda memiliki kecenderungan seperti itu?
Nikmatsilah. Tidak ada yang salah dalam belajar, karena yang salah adalah kalau anda tidakmau belajar.
Artikel relevan: membangun percaya diri, membuang rasa malas, meningkatkan kapasitas, memahami diri sendiri, merenungkan masa depan

Gaya Belajar Audio
Selain modalitas visual, gaya belajar yang juga populer adalah Audio. Gaya belajar audio adalah suatu kecenderungan memproses informasi melalui telinga atau indra pendengaran. Mereka lebih banyak belajar dengan cara melihat.
Orang audio senang membaca keras, atau senang mendengarkan pelajaran tidak peduli mata merem atau melek bahkan sambil baring juga dapat menerima pelajaran. Hal terpenting bagi mereka adalah bahwa mereka dapat mendengarnya secara jelas, dan tentu saja mereka tertarikdengan topik yang sedang didegar.
Beberapa ciri dari orang audio adalah sebagai berikut:
1. Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
2. Senang membaca dengan keras
3. Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama, dan warna suara
4. Merasa kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam berbicara
5. Suka berbicara, berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu panjang lebar.
Banyak orang merasa terganggu jika belajar bersama orang audio, karena punya kebiasaan ribut. Membaca ribut, kalau menjelaskan selalu panjang lebar, itu juga kalau dia tahu persoalan. Kalau tidak tahu, yaah pasti acara belajar jadi lain.
Jika anda merasa seorang audio, sebaiknya anda banyak mendengar dan nikmati saat-saat belajar dengan teman-teman anda dengan memdahulukan mereka untuk berpendapat atau mengemukakan pikiran. Anda akan lebih pandai dengan banyak mendengar dan memmbandingkan banyak pendapat teman anda. Tentu ketika diberi kesempatan, anda akan mengemukakan semua yang anda ketahui, panjang-lebar. Itu baru bagus.
Artikel relevan: membangun percaya diri, membuang rasa malas, meningkatkan kapasitas, memahami diri sendiri, merenungkan masa depan

dikutip dari : masadepanku.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda